Rabu, 24 April 2013

Catatan 1: Sharing session acara “Beat The Scale” minggu kedua: Beat the scale, not beat yourself!

Sehat adalah karunia terbesar dari sang Pencipta dan semua manusia setuju dengan pernyataan tersebut. Namun untuk menjaga kesehatan dibutuhkan, bukan hanya impian dan usaha dalam mewujudkannya, tetapi menjaga motivasi tanpa harus merasakan tekanan. Dan ini yang biasanya terjadi dalam usaha mereka yang memiliki kelebihan berat badan (obesitas) dalam mewujudkan impian mendapatkan berat badan ideal.
Menurut Elite Personal Trainer Fitness First Gurumilang yang merancang program pelatihan fisik para kontes penurunan berat badan ‘Beat the Scale’ yang diselenggarakan oleh PT AJ Sequis Life, banyak orang yang akan menyerah pada kondisi dimana berat badan mereka tidak turun setelah memulai program penurunan berat badan dalam periode 1-2 minggu. “Itu juga kenapa banyak orang yang daftar nge-gym 1-2 minggu tidak turun, mereka akhirnya menyerah.  Kunci utama kesuksesan dalam menurunkan berat badan adalah spirit dan motivasi!”. Tentu saja setelah pelatihan fisik dan perbaikan asupan makanan terpenuhi.
Pada minggu kedua, 24 kontestan Beat the scale tak luput merasakan kendala tersebut. Sebagian mulai merasakan kegelisahan karena angka penurunan berat badan yang mereka dapatkan tidak sebanyak pada minggu kedua. Beberapa dari peserta juga mulai merasakan kurang semangat, lelah dan masih merasakan pegal-pegal. Padahal, setelah menimbang, termasuk mengukur fat-loss atau Body Mass Index (BMI) mereka mengalami perubahan yang lebih baik. Minimal penurunan berat badan dalam satu minggu idealnya adalah 0,5 kg. Kalau bisa lebih dari angka tersebut, sudah cukup bagus, tetapi kalaupun hanya 0,5 kg perminggu tentu tidak masalah, karena masih dalam hitungan ideal. Para kontestan juga merasakan kerinduan untuk mencicipi junkfood atau makanan tinggi lemak yang justru akan menaikkan berat badan mereka. Inilah tantangan terbesar yang mereka hadapi karena perbaikan pola hidup sehat memang butuh perjuangan dan dukungan dari lingkungan sekitar.

Gurumilang elite personal trainer yang menjadi pembicara diminggu ke 2 seminar Beat The Scale
Dalam sharing session minggu kedua, Guru menjelaskan tentang pentingnya olah fisik. Dengan berolahraga secara teratur terbukti dapat menjaga dan meningkatkan kebugaran fisik secara significant, menurunkan risiko berkembangnya penyakit jantung, menjaga tubuh dalam keadaan sehat, dan menjaga atau menurunkan berat badan. Bagaimana me-maintain olahraga tersebut pada saat kita sedang tidak di fitness centre. Beberapa contoh gerakan yang bisa dilakukan dirumah misalnya squat, lunges, jump-rope atau plank-pose. Yang dibutuhkan sedikitnya lantai sebagai area latihan, kaca (jika ada) untuk melihat pergerakan tubuh dan jika ingin menaikkan intensitas latihan bisa menambahkan beban seperti botol minum yang berisi air. Jangan lupa selalu awali dengan pemanasan bisa dengan berjalan kaki atau duduk berdiri tanpa beban. Ini sudah cukup untuk memanaskan  lutut, tulang belakang dan memperbaiki postur. Exercise juga bisa dilakukan outdoor, seperti menuruni bukit, menaiki tangga, berjalan kaki bahkan saat kita melakukan window shopping. Easy right? Jadi kita bisa kok, melanjutkan olah fisik diluar fitness center. Untuk memuluskannya, keep motivating yourself!
*artikel diambil dari website http://beatthescale.seizeurfuture.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar