Selasa, 30 April 2013

Jurnal 4

Meningkahi jurnal terakhir saya tentang memulai latihan, saya jadi kepikiran untuk akhirnya merangkum hal-hal yang dibutuhkan dalam hidup sehat ala saya.

#1: Get start! Pastinya tidak akan mampu gunung kau daki, laut kau seberangi, tanpa dimulai dengan langkah kecil walau gemulai. Hihi..

Maksud saya, iya memang pasti berat dan sangat malas untuk mulai, mengubah pola rutinitas menjadi pola hidup sehat yang menuntut disiplin diri. Apalagi yang menyangkut olah tubuh dan kebiasaan makan.

Saya ngerti kok, ngerti banget malah soal kemalasan itu. Makanya motivasi diri sendiri, terus! Non stop! Itu saja sudah get start namanya. Lah daripada ngga punya impian menjadi lebih baik. Ya kan?

Lalu mulailah dengan hal mudah. Jangan langsung menyiksa diri. Badan nanti shock dan malah drop. Kalau nanti KO dan ga mau bangun lagi, gimana coba? Nyerah deh!

Bangun pagi hari adalah awal yang baik, menurut saya. Otak fresh, niat baik selalu segar saat itu. Biasanya semangat olahraga justru 80% terlaksana meskipun di rumah saja. Jadi walau mata masih kuyu dan berat, segera ambil running shoes. Buat ganjel? Haha, ya nggaklah. Ketahuilah, bahwa running shoes yang baik adalah running shoes yang berhasil membelalakkan mata di pagi yang kantuk! Hehe...

#2: Get habit! Di latihan pertama, biasanya badan terasa error setelahnya. Pegal-pegal, kram, dan kawan-kawannya mulai terasa menyiksa. Tapi sebenarnya itu adalah efek kagetnya badan. Pengobatannya, mau tau? Mau tau aja apa mau tau banget?! Hihi...

Latihan lagi! Larilah lagi besok paginya! Itu adalah obat yang mujarab. Karena otot-otot dan bagian-bagian badan yang sakit akan terbiasa dengan beban dan latihan kita. Akhirnya dia melemas dan di suatu titik, kita harus meningkatkan dan menambah beban latihan kita agar mereka juga berkembang terus. Yang biasanya jogging cuma 1 keliling, tambahlah jadi 2 keliling. Dan begitu seterusnya.

#3: Get result! Kalau sudah sampai di stage ini, mari salaman. Selamat! Apa yang diimpi-impikan tercapai sudah. Tapi hati-hati, ini justru stage yang paling sulit. Keimanan kita diuji di sini. Haha! Karena biasanya setelah puas, kita malah akan berhenti. Merasa menang dan tak mau latihan lagi. Merasa cukup dan malas lanjut lagi.

Sejatinya mempertahankan hasil justru lebih sulit dari saat memperjuangkannya. Maka kembali lagi ke motivasi awal. Tapi tentu dengan target baru. Anda sudah naik kelas. Selanjutnya jangan malah tinggal kelas. Terus maju, sampai badan Anda hanya terbujur kaku dan Anda tidak bisa memperjuangkan apa-apa lagi alias... Yah, you name itlah. Ngeri kan? Sebelum telat, yuk sehatsekarang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar