Sabtu, 11 Juni 2011

Core Muscle

Sebentar, apakah core muscle itu? Core = inti = pusat. Mudahnya, core muscle terletak di lapisan perut/pusar Anda. Otot utamanya adalah otot panggul, transversus abdominis, multifidus, internal dan eksternal obliques, rektus abdominis, pembina spinae (sacrospinalis) khususnya longissimus thoracis, dan diafragma.
Dilihat dari letaknya, maka setiap gerakan fungsional dari anggota gerak akan berkaitan erat dengan core muscle ini. Core muscle merupakan "inti"semua kekuatan yang dibutuhkan untuk meningkatkan melaksanakan kegiatan fisik yang berbeda.
Fungsi umum dari core muscle adalah menstabilkan dada dan panggul selama gerakan dinamis dan juga memberikan tekanan internal untuk mengusir zat (muntah, kotoran, udara penuh karbon, dll).

Manfaat latihan core muscle:
1. Memperbaiki postur tubuh dan mencegah sakit pinggang (low back pain).
2. Membantu menjaga kesehatan otot inti dan otot penggerak lainnya, sehingga mencegah cedera lebih lanjut.
3. Meningkatkan kinerja tubuh.
4. Menjaga perut agar tidak buncit, fungsinya seperti korset.
5. Melatih keseimbangan pijakan.

Latihan termudah untuk core muscle adalah PLANK.
Gerakan plank adalah menyerupai posisi badan push-up sambil tengkurap. Namun bedanya, gerakan plank statis, tidak naik-turun, sehingga mengandalkan otot core sebagai penahan utama agar badan bisa bertahan di atas, selama mungkin. Dasarnya, plank bisa dilakukan dengan menggunakan bagian siku tangan (forearm) sebagai tumpuan, kemudian bisa menggunakan keseluruhan tangan dengan cara diluruskan sepenuhnya. Kemudian plank juga bisa dilakukan dengan posisi badan miring sebelah (side plank) untuk melatih otot perut samping (oblique).
Untuk permulaan, cobalah bertahan dalam posisi plank menggunakan forearm selama 20-30 detik, baru kemudian tambah intensitas beban dengan memperpanjang durasi atau mempersulit tekhnik (increase).

Nah, bila Anda sudah bisa mengontrol otot core agar tetap terkunci dan terkontraksi dengan latihan plank, biasakanlah tetap mengunci otot core (locked the abs) setiap saat di semua aktivitas yang Anda lakukan, kecuali tidur. Dan biasanya setelah 2-3 bulan Anda terbiasa mengunci core, tanpa Anda sadari otot ini akan dengan sendirinya mengunci sendiri. Dan otot core ini memang subconscious atau dapat terkendali di bawah alam sadar Anda. Dan lihatlah, six pack Anda akan terbentuk lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar