Sabtu, 11 Juni 2011

Sugar And Salt Effect

Mengkonsumsi banyak minuman bersoda atau minuman manis lainnya telah lama dihubungkan dengan peningkatan resiko terjadinya obesitas & diabetes, selain masalah kesehatan lainnya. Sekarang, terdapat alasan lain untuk menghentikan kebiasaan tersebut, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa, bahkan mengkonsumsi 1 minuman manis setiap hari dapat menyebabkan terjadinya kenaikan tekanan darah.

Semakin manis minuman yang dikonsumsi, maka kenaikan tekanan darah juga akan semakin tinggi, menurut penelitian tersebut, yang telah muncul di the American Heart Association journal Hypertension. Setiap penambahan soda, limun atau minuman buah yang dikonsumsi para partisipan setiap hari telah dihubungkan dengan kenaikan tekanan darah sistolik & diastolik sebesar 1,6 & 0,8 point.
Sementara di sisi lain, kelebihan garam juga masih merupakan penyebab utama resiko tekanan darah tinggi. So, cara terbaik menekan resiko darah tinggi, adalah dengan mengurangi konsumsi gula & garam seminim mungkin.   

Untuk wanita, hati-hati, semakin lebar lingkar pinggul Anda, maka semakin banyak gula tersimpan di sana. Dan Anda tahu kan apa artinya itu? Itu berarti semakin besar resiko Anda terkena penyakit diabetes. Sementara untuk para pria, hati-hati, semakin buncit ukuran perut Anda, semakin banyak lemak dan kolesterol menyumbat di sana. Maka artinya, semakin sempit pula pembuluh darah dan jantung Anda. Ini semacam bom waktu yang setiap saat bisa saja meledak, dan BOOM!, pembuluh darah yang tersumbat tadi bisa pecah, maka stroke dan jantung bisa melumpuhkan Anda kapan saja.

Stop to eat your emotion, and start to feed your body. Soal rasa hanya untuk memanjakan lidah Anda, tapi nutrisi sehat (yang rasanya cenderung tidak enak) lebih Anda butuhkan untuk memperpanjang usia sehat Anda. Biasakan minum air putih hangat setelah Anda makan untuk membantu meluruhkan kadar lemak yang masuk ke dalam tubuh bersama makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar